Konsep Dasar Bisnis Online

Sahabat Terbaik…. Pada artikel kali ini saya akan memberikan gambaran singkat konsep dasar Bisnis OnlineBisnis Online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara Online (melalui internet). Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis Online.
Lalu bagaimana Konsep Dasar Berbisnis Online?? Secara umum Prinsip dasarnya sama dengan anda melakukan bisnis offline.
Secara singkat konsep dasar Bisnis Online, dapat dilihat pada gambar berikut :
Formula menjalankan Bisnis Online untuk mendapatkan profit adalah :

Trafik + Konversi = Profit

1. Konversi

Konversi merupakan tindakan yang dilakukan oleh seseorang di situs web Anda sebagai hasil dari upaya pemasaran yang sebelumnya telah Anda lakukan. Tindakan tersebut dapat berupa seperti berkunjung, mendaftar, menambahkan item ke keranjang belanja, atau melihat halaman tertentu.
Untuk Konversi ini, setidaknya ada 3 (tiga) hal yang Anda harus siapkan yakni :
a. Produk
Seperti halnya pada bisnis offline, dalam membangun bisnis Online Anda harus memiliki Produk yang akan dipasarkan/dijual. Produk ini bisa merupakan produk Anda sendiri atau produk perusahaan/orang lain yang anda pasarkan.
Jenis Produk yang dapat dijual dapat berupa produk phisik dan produk Digital (seperti : ebook, video tutorial, software dan lain-lain)
b. Website / Toko Online
Seperti halnya pada bisnis offline untuk menjual produk, Anda memerlukan tempat penjualan berupa Toko atau sejenisnya. Demikian halnya pada bisnis Online, Anda harus memiliki Website atau Toko Online sebagai sarana tempat penjualan produk Anda. Website atau Toko Online ini merupakan asset Anda dalam menjalankan bisnis Online.
c. Sales Marketing
Untuk mendukung Bisnis Online Anda, maka Anda harus menyiapkan Sales Marketing Anda yang tujuannya untuk menjelaskan, mempromosikan dan menjual produk Anda. Sales Marketing ini berupa Website Marketing yang dapat Anda berikan konten dalam bentuk Teks, Gambar atau Video.
Website itu ibarat mesin penjual Anda, lapak atau TOKO ANDA dan juga sebagai SALES MAN atau SPG (Sales Promotion Girls) Anda. Website yang bagus, sama dengan WANITA CANTIK yang sedang mempromosikan pameran mobil. Makin cantik, makin banyak yang tertarik kan???
Jadi sangat penting untuk merancang Website Bisnis anda sebagus mungkin.

2. Trafik

Trafik adalah jumlah orang yang akan datang mengunjungi situs web Anda setiap harinya. Untuk meningkat trafik maka Anda harus mencari tempat yang ramai pada media Digital Internet Marketing.Saat ini tempat yang ramai adalah di Sosial Media, seperti Facebook, instagram dan lain-lain. Maka untuk meningkatkan trafik, anda harus melakukan promosi pada media Digital Internet Marketing.
Semoga bermanfaat buat Sahabat Terbaik dan sukses membangun bisnis Online anda

Komentar

Postingan Populer