APA SAJA YANG ADA DALAM BISNIS ONLINE

saya akan menulis tentang apa saja suih yang ad dalam bisnis online

pertama macam maca bisnis online





1. Bisnis Affiliasi

Pada bisnis affiliasi ini kita dibayar untuk promosi suatu produk tertentu. Mungkin banyak perusahaan atau seseorang susah dalam menawarkan produk mereka maka orang tersebut mencari affiliasi untuk menyebar luaskan produknya. Kita akan dibayar jika ada orang yang membeli produk mereka, biasanya kita mendapat persenan dari penjualan produk tersebut, masalah berapa persen kita mendapatkan hasil tergantung perusahaan yang mengikuti program tersebut. 

Kita bisa memasang produk mereka lewat blog/website atau mungkin melalui adsense, adword dan lain-lain. Cukup mudahkan...., kita tidak perlu punya suatu produk sendiri, kita cuma promosi, ibaratnya makelar kita akan mendapat hasil jika produk tersebut laku...

Dibawah ini beberapa website yang menawarkan program affiliasi :
Amazon, clickbank, linkshare, forexaffiliate dan lain-lain.

2. Toko Online


Bisnis ini juga termasuk bisnis online, ibaratnya kita mempunyai sebuah toko di internet untuk menjual produk-produk kita atau dagangan kita, biasanya dilakukan oleh para wirausaha atau pengusaha kecil maupun besar dimana mereka membuka toko mereka lewat internet dengan menampilkan produk-produk mereka di internet, untuk transaksi pembayarannya juga bisa dilakukan dengan pembayaran  online. 


Jadi jika anda mempunyai suatu produk dan anda tidak ada waktu untuk menawarkan secara langsung dengan pembeli, bisnis ini cocok untuk anda, jadi kita tidak perlu cape-cape mencari pelanggan, anda hanya melakukan penawaran lewat internet. Contoh toko online yang sudah terkenal adalah: www.olx.co.id ,www.bukalapak.com dan lain lain.


Baca juga: Tips Memulai Usaha Online Sukses

Jika anda suka membuat blog, bisnis toko online merupakan ladang uang jika kita ulet dan tekun, kita tinggal buat blog dan pajang gambar produk dan harga sehingga pengunjung blog bisa tertarik. Buat blog yang menarik supaya banyak pengunjungnya. Untuk semua usaha tentunya dibutuhkan keuletan dan ketekunan.



kedua adalah cara memulai bisnis online


1. Cara Memulai Bisnis Online dari Nol pertama harus paham apa yang dijual

Kalau gak paham dengan barang yang mau kamu jual, ngapain juga kamu jalankan bisnis online? Paham gaknya kamu menentukan lho gimana hasil bisnis online-mu nanti. Penting tahu ini. Sebab ini menjadi cara memulai bisnis online dari nol.
Hal pertama yang mesti kamu pahami adalah barang atau produk yang bakal kamu jual. Bahkan, kamu wajib tahu sedetail-detailnya. Pemahamanmu ini membantu kamu buat mengetahui kualitas produk yang dijual. Kamu juga tahu berapa harga beli dan harga jual yang pantas.
Kedua, kamu juga harus memahami selera pasar. Apa yang lagi orang-orang suka saat ini? Model seperti apa yang mereka pengin punya? Kalau hal-hal itu bisa kamu pahami, dijamin barang-barang yang kamu jual mendatangkan banyak pembeli.
Ketiga, pastikan produk yang kamu pasarkan nanti, banyak yang cari di Google. Cara gratis untuk mengetahui banyak-tidaknya orang yang mencari produkmu, kamu bisa gunakan Google Keyword Planner. Dari situ kamu bisa lihat berapa volume pencarian dari produk yang bakal kamu jual.
Kalau volume pencarian dari barang yang hendak kamu jual terlampau tinggi, maka makin tinggi juga persaingan dalam menjual barang itu. Pertimbangkan untuk mencari varian unik dari barang tersebut, yang masih jarang dijual orang lain, tapi disukai.

2. Riset kompetitor

Kamu harus tahu betul kompetitormu. Caranya, kamu bisa mulai dari riset gimana mereka jual produk mereka secara online. Buka-buka aja di platform online marketplace, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Lazada, hingga Shopee.
Cari tahu apa yang mereka tawarkan sehingga banyak yang mau beli. Rating dan review emang kasih pengaruh cukup kuat. Namun, hal tersebut gak selamanya berlaku. Gak sedikit juga di antara pembeli yang kecewa lalu kasih rating dan review jelek.Dari sini kamu bisa belajar buat menawarkan keunggulan bisnismu yang menjadi kelemahan di kompetitor. Misalnya aja soal pembeli yang paling gak suka respons yang lama atau pengemasan yang asal-asalan.
Nah, kekurangan kompetitor tersebut bisa kamu manfaatkan buat memaksimalkan penjualan bisnis online-mu. Misalnya nih, kalau ada pertanyaan yang mampir, kamu kudu jawab dengan cepat. Terus pengemasan barang, kalau memungkinkan, tambah bubble wrap agar pembeli happy.
Harga juga menentukan banget. Namun, menjual barang lebih murah dari lapak lain gak selamanya bakal mendatangkan banyak pembeli. Masih ada kok dan banyak malah yang mementingkan kualitas ketimbang murahnya harga. Intinya, kamu masih menjual dengan harga yang terbilang kompetitif.

3. Cari supplier

Boleh-boleh aja kamu cari supplier di pusat grosir. Namun, kamu bakal sulit buat ambil untung dari produk yang kamu jual.
Terus cari supplier di mana dong? Jangan menutup kemungkinan buat cari supplier sampai ke luar negeri. Atau dengan mendatangi sentra pengrajin di daerah-daerah. Buktinya, Brodo, brand sepatu cowok, bisa sukses dengan memberdayakan pengrajin sepatu Cibaduyut.
Seandainya kamu pengin kerjasama dengan supplier di luar negeri sana, kamu bisa mencarinya lewat Alibaba. Di sana banyak sekali barang beserta supplier-nya yang bisa diandalkan.
Lebih enak lagi nih kalau kamu bisa menjajaki kerjasama sebagai dropshipper dan reseller. Di Indonesia ada SupplierDusdusan, dan Bandros yang menawarkan kerjasama buat kamu yang pengin jadi dropshipper ataupun reseller.

4. Bikin brand yang buat orang percaya

Banyak yang memulai bisnis online dengan cara yang bisa dibilang asal-asalan. Mulai dari pemberian nama brand bisnisnya sendiri hingga logo yang dibikinnya. Padahal nih, kepercayaan orang-orang buat membeli terbangun dari citra bisnis itu sendiri.
Lihat aja brand-brand yang terkenal semisal Pepsi atau Nike. Nama dan logo brand mereka begitu melekat di pikiran orang-orang. Ditambah dengan kualitas yang mereka tawarkan, bikin orang-orang yakin kalau produk mereka itu bagus.

5. Promosi gratis hingga berbayar

Bukan rahasia lagi bahwa promosi lewat medsos bisa dilakukan secara berbayar, namun bisa pula gratis. Tapi, walau sama-sama membantu meningkatkan volume penjualan, antara gratis dan berbayar jelas lebih efektif yang berbayar karena lebih tertarget.
Saat ini media sosial semisal Facebook dan Instagram menawarkan ads atau iklan berbayar buat yang pengin produknya makin dikenal. Dikutip dari Facebook, biaya beriklan di medsos tersebut dimulai dari US$ 5 hingga US$ 50 ribu per minggu.
Itu berarti kamu sediakan dana mulai dari Rp 72 ribuan hingga Rp 720 jutaan per minggu. Mahal sih emang. Namun, lewat gratisan pun, gak menutup peluang buat dapat untung banyak kok. Asal dari awal kamu udah gencar promosikan brand-mu dengan baik.


Itu tadi lima cara memulai bisnis online dari nol. Mudah-mudahan aja dengan menerapkan cara-cara di atas, kamu bisa memperoleh banyak untung. Selamat mencoba!


yang ketiga adalah cara meningkatkan bisnis online



5 Cara Cepat Meningkatkan Penjualan Online

Tips-tips di bawah ini dapat diterapkan untuk semua jenis bisnis, dari bisnis skala kecil hingga perusahaan besar. Internet memungkinkan semua pelaku bisnis dari berbagai skala untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam meningkatkan penjualan online. Berikut adalah 15 cara cepat meningkatkan penjualan online bisnis Anda:

1. Pilih Platform yang Tepat untuk Website

Membuat website adalah pondasi utama supaya jualan online Anda semakin sukses dan berkembang. Jika di dunia nyata Anda punya toko fisik, di dunia maya website adalah toko Anda. Anda tidak bisa sembarangan memilih platform untuk website. Platform yang tidak tepat hanya akan merugikan Anda dan tentu saja pelanggan Anda.
Platform pembuatan website rekomendasi kami adalah WordPress. WordPress adalah platform di balik pembuatan 30 persen website di seluruh dunia dan menjadikannya paling populer di antara platform pembuatan website lainnya.
Selain itu, Anda juga perlu memilih ‘rumah’ terbaik untuk website Anda. Website yang Anda buat menggunakan WordPress membutuhkan hosting. Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file, dari gambar, HTML, hingga konten.

2. Gunakan Tema Profesional

tema penjualan online
Setelah membuat website menggunakan WordPress dan menyewa layanan hosting terbaik, yang perlu Anda lakukan adalah memilih tema profesional. WordPress menyediakan banyak tema profesional secara gratis. Jadi Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya. Anda bisa mendapatkan beberapa inspirasi tema WordPress di artikel template WordPress gratis.

3. Dapatkan Pelanggan dari Trafik Organik

Hasil pencarian di Google adalah sumber utama trafik bagi sebagian besar website. Website Anda bisa lebih mudah ditemukan di hasil pencarian Google dengan menerapkan teknik SEO. SEO atau Search Engine Optimization adalah kumpulan panduan dan teknik untuk membuat website Anda search engine friendly.
Kami sudah membahas langkah-langkah apa saja untuk mengoptimasi SEO WordPress Anda di artikel SEO WordPress untuk Website Anda dalam 16 Tips Mudah. Anda dapat mengikuti panduan tersebut dan menerapkannya di website Anda. Namun, harus dipahami juga bahwa membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan hasil dari SEO. Jadi Anda harus sabar dan telaten dalam menerapkan teknik SEO.

4. Susun Strategi Content Marketing

Content marketing adalah strategi membuat konten yang berguna dan relevan untuk menarik dan membangun audiens. Penerapan strategi content marketing memungkinkan Anda untuk mendapatkan trafik yang berpotensi untuk menjadi konsumen.
Salah satu cara paling efektif untuk menjalankan strategi content marketing adalah dengan menambahkan blog ke website Anda. WordPress menyediakan fitur untuk menambahkan halaman blog secara terpisah.
Di blog tersebut Anda bisa menerbitkan konten-konten yang berguna dan relevan secara konsisten untuk mendatangkan trafik ke website Anda. Anda juga bisa memberikan berbagai penawaran menarik di blog agar para pengunjung blog membeli produk yang Anda jual di website. Anda bisa mempelajari lebih lanjut mengenai strategi content marketing di artikel Strategi Content Marketing.

5. Buat Keputusan Berdasarkan Google Analytics

Kebanyakan para pebisnis pemula hanya memanfaatkan intuisi dan perkiraan untuk menentukan keputusan penting untuk bisnis. Sayangnya, keputusan yang hanya berdasarkan perkiraan dan intuisi bisa membuat bisnis Anda tidak terarah.
Ketika membuat keputusan penting untuk bisnis sebaiknya gunakan data dan fakta yang jelas dan akurat. Google Analytics dapat membantu Anda menyediakan data akurat mengenai perkembangan yang terjadi di website Anda. Dari jumlah pengunjung harian, penjualan, penghasilan, produk mana yang paling laku, halaman mana yang memberikan kinerja bagus, hingga jumlah pengunjung yang meninggalkan website.
Anda bisa memasang Google Analytics di WordPress dengan mengikuti panduan di artikel Panduan Memasang Google Analytics.



yang ketiga adalah keuntungan bisnis online


1. Menyimpan uang
Salah satu manfaat utama menjalankan bisnis online Anda adalah Anda dapat menghemat banyak uang . Ini termasuk menghemat tempat usaha dan berbagai tagihan yang datang dengan menyewa atau membeli tempat. Selain itu, Anda melakukan penghematan di daerah-daerah seperti biaya perjalanan. Anda dapat memotong banyak biaya untuk memulai bisnis jika Anda memutuskan untuk menyiapkannya secara online. Bagi mereka yang memulai bisnis dengan anggaran terbatas, ini adalah solusi ideal.

2. Bagus untuk produk bertema
Jika Anda menjual produk niche, operasi online sangatlah ideal. Orang yang mencari jenis produk tertentu dapat dengan mudah menemukan dan mengakses layanan Anda, yang berarti Anda bisa mendapatkan keuntungan dari lebih banyak pelanggan dibandingkan dengan setumpuk batu bata dan mortir, di mana Anda hanya dapat diakses oleh orang-orang yang terbatas. Perusahaan seperti Bikerringshop menjual produk spesialis seperti perhiasan tengkorak dan cincin tengkorak. Dengan beroperasi secara online, mereka dapat menjangkau khalayak global untuk produk niche mereka.
3. Sederhana dan nyaman
Menyiapkan dan menjalankan bisnis bisa menjadi tantangan nyata. Namun, saat Anda beroperasi online Anda bisa menghilangkan banyak stres dan kerumitan yang terlibat. Ini adalah metode bisnis yang sederhana, nyaman, dan sangat populer akhir-akhir ini. Inilah sebabnya mengapa semakin banyak perusahaan start-up memutuskan untuk beroperasi secara online.
4. Sangat populer dengan konsumen
Semakin banyak konsumen sekarang ingin menikmati kemudahan dan kenyamanan berbelanja barang dan jasa secara online . Dengan pengaturan online, Anda akan memenuhi permintaan ini. Hari-hari ini, orang terbiasa berbelanja barang apa saja yang mereka mau kapan saja siang dan

5. Jangkauan Luas
Jika Anda memiliki bisnis secara offline, Anda akan membatasi diri Anda dalam hal audiens. Barang dan jasa Anda akan tersedia bagi masyarakat yang terbatas, seperti di wilayah geografis tertentu. Bila Anda menjalankan bisnis online Anda, Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan ini. Anda dapat membuka penawaran Anda di tingkat nasional dan bahkan internasional.

Komentar

Postingan Populer