MATERI PEMBELAJARAN IKLAN
PENGERTIAN IKLAN : Ciri, Tujuan, Unsur, Jenis-Jenis Iklan & Contohnya
Pengertian Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk dan mendorong orang agar tertarik pada barang ataupun jasa yang ditawarkan, iklan biasa dipromosikan melalui media periklanan seperti, televisi, radio, koran, majalah, internet dll.
Iklan mengandung pemberitahuan kepada masyarakat dan bersifat mempengaruhi pembaca agar melakukan apa yang dikehendaki. Iklan tidak terbatas pada produk, melainkan juga pada informasi, ajakan atau seruan untuk melakukan suatu hal. Seperti contohnya ajakan untuk menanam pohon atau menjauhi narkoba.
Pengertian Iklan Menurut Para Ahli
Berikut ini adalah pengertian atau definisi iklan menurut beberapa orang yang ahli dalam bidang periklanan atau yang berhubungan dengan pemasaran.
- Iklan adalah segala bentuk pesan tentang suatu produk yang disampaikan melalui suatu media, dibiayai oleh pemrakarsa yang dikenal serta ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. (Rachmat Kriyantono).
- Iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat lewat suatu media (Rhenald Kasali).
Fungsi dan Tujuan Iklan
Fungsi Iklan
- Informasi (Informing)
- Membujuk (Persuading)
- Mengingatkan (Reminding)
- Memberikan nilai tambah (Adding Value)
Tujuan Iklan
Sedangkan Roberti V Zacher, salah seorang ahli dan praktisi dalam bidang periklanan, mengungkapkan bahwa iklan memiliki beberapa tujuan, diantaranya:
- Memberikan informasi terhadap suatu produk (jasa, barang, ide dan lain-lain)
- Upaya untuk menimbulkan citra yang baik atau rasa suka komunikan (penerima pesan iklan) terhadap produk yang diiklankan.
- Meyakinkan masyarakat (penerima iklan) tentang kebenaran suatu produk.
- Membuat atau mempermudah konsumen mengetahui spesifikasi suatu produk, baik itu harga, fungsi, manfaat dll.
Unsur Unsur Iklan
- Kalimat Deskriptif
Deskripsi iklan berguna untuk menguraikan atau menjelaskan produk atau layanan yang diiklankan - Kalimat Persuasif
Persuasi dalam sebuah iklan bertujuan untuk membujuk atau mempengaruhi orang agar menggunakan produk ataupun layanan yang diiklankan.
Ciri Ciri Iklan
Agar mendapat perhatian dari khalayak ramai. Pada umumnya, iklan mempunyai ciri- ciri sebagai berikut :
- Menggunakan pilihan kata yang menarik, logis, tepat dan sopan
- Menggunakan pilihan kata yang mempunyai sugesti bagi khalayak.
- Pilihan kata yang digunakan menonjolkan informasi utama yang dipentingkan
- Menggunakan pilihan kata yang digunakan menunjukan sasaran.
Syarat- Syarat Iklan
Agar suatu informasi dapat dikatakan sebagai iklan, maka harus memenuhi beberapa syarat syarat iklan, diantaranya.
- Iklan harus bersifat Objektif dan jujur
- Jelas dan Mudah dipahami
- Menarik perhatian banyak orang
- Tidak mengandung sara dan menyinggung pihak lain.
Jenis Jenis Iklan
1. Jenis Iklan Berdasarkan Sifatnya
- Iklan NiagaIklan niaga adalah iklan yang dibuat dengan tujuan agar orang tertarik untuk menggunakan atau membeli produk atau jasa yang mereka tawarkan. contohnya iklan indomie, sprite, sajiku, iklan kendaraan dll.
- Iklan Layanan MasyarakatIklan layanan masyarakat adalah iklan yang tujuannya untuk mempengaruhi orang agar memberikan dukungan atau mengikuti kampanye yang dilakukan pembuat iklan. contohnya iklan anti narkoba, iklan lingkungan hidup dll.
2. Jenis Iklan Berdasarkan Media yang Digunakan
- Iklan CetakIklan cetak adalah iklan yang dipublikasikan melalui media cetak seperti koran, majalan, surat kabar, tabloid dan sebagainya. berdasarkan ruang yang digunakan iklan jenis ini dibedakan lagi menjadi 2 bentuk, yakni Iklan baris dan Iklan Kolom
- Iklan AdvertorialIklan advertorial adalah jenis iklan yang dikemas seperti berita dengan bahasa penulisan jurnalistik.
- Iklan DisplayHampir sama seperti iklan kolom, Namun mempunyai ukuran yang lebih besar gambar dan tulisannya dari iklan kolom
- Iklan ElektronikIklan elektronik adalah adalah iklan yang dipublikasikan melalui media elektronik seperti, radio, televisi dan internet
- Iklan PerusahaanIklan perusahaan atau corporate advertising adalah iklan yang tujuannya untuk membangun citra perusahaan yang kemudian akan membangun citra produk atau jasa yang diproduksi perusahaan tersebut agar diminati masyarakat. contohnya seperti iklan aqua yang membantu pembuatan sumber- sumber air di daerah terpencil.
- Iklan Layanan MasyarakatIklan layanan masyarakat adalah iklan yang berisi himbauan atau ajakan untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu yang diiklankan. contohnya seperti iklan KB, iklan pencegahan demam berdarah dan iklan pencegahan narkoba.
3. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya
- Iklan PengumumanIklan yang isinya menyampaikan pengumuman mengenai suatu peristiwa kegiatan ataupun lainnya.
- Iklan PeneranganMemberi penerangan tentang suatu hal, dalam istilah lain iklan jenis ini bisa juga disebut iklan layanan masyarakat.
- Iklan ReklameIklan yang isinya mempromosikan barang atau jasa yang hendak dijual untuk mencari keuntungan dan disampaikan berulang- lang melalui media massa. Iklan reklame biasanya memuji atau menyanjung suatu yang diawarkan, seperti, tiada banding, kualitas no 1 dll.
>> Tips Dalam Membuat Iklan
Berikut ini adalah cara-cara yang dapat digunakan ketika akan membuat sebuah iklan.
- Gunakan kalimat yang singkat, padat, jelas dan efektif.
- Berikan nilai tambah produk (garansi, pilihan warna dll)
- Gunakan gaya bahasa yang sesuai dengan target pasar.
- Gunakan slogan yang mudah diingat calon konsumen dll.
Itu tadi artikel singkat mengenai pengertian iklan, macam macam atau jenis jenis iklan beserta dengan tujuan ciri ciri syarat sebuah informasi dapat dikatakan sebagai iklan. Artikel ini disaring dari berbagai sumber baik dari buku atau website- website lain yang membahas hal serupa.
Komentar
Posting Komentar